Rabu, 16 November 2016

SMK ITU APA SIH ? YUKK SIMAK INFORMASINYA





Ada yang masih bingung setelah tamat SMP mau melanjutkan kemana ? SMA atau SMK ? Bagaimana kalau melanjutkan ke SMK, Why not ?

Setelah tamat dari SMP,  mau melanjutkan ke SMA/SMK. Nah disinilah kita tentukan masa depan. Banyak yang masih memilih SMA, tapi kalau ingin langsung terjun ke dunia industri / kerja maka pilih SMK. Dari SMK pun bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Nanti kita bahas satu persatu dalam artikel lain ya. Stay tuned :)

Mungkin sebagian orang masih mengira bahwa SMK itu tidak kompetitif, tidak dapat bersaing, tidak bagus dan lain sebagainya. Namun pada kenyataannya SMK bisa. Kini SMK telah menjadi salah satu unsur terpenting dalam industri. Kenapa? Kok bisa sih ? karena siswa SMK langsung bisa bekerja tanpa harus mengikuti training terlebih dahulu, dengan catatan sesuai dengan bidang yang ia pelajari di bangku sekolah.

Meskipun berlatar belakang sekolah yang memfokuskan dirinya ke dunia kerja, pada zaman sekarang ini jangan meremehkan jebolan SMK. Mereka kini telah mampu menciptakan suatu produk yang tak kalah dengan produk industri besar. Ambil contoh, salah satu SMK di bidang otomotif telah mampu membuat mobil sendiri  dan sudah beredar di pasaran. Kemudian ada juga siswa jurusan Tata Busana setelah lulus bisa menjadi desainer. Atau jurusan Kimia Industri, menjadi analis kimia dan lain lain.


Mendengar kata Kimia, pasti persepsi yang terbentuk adalah soal rumus-rumus. Tetapi tahukah, bahwa proses Kimia bisa membantu kehidupan manusia?
Proses Kimia yang terjadi dengan ajaib bisa membantu kamu dalam menjalani masalah yang kerap dihadapi. Tidak percaya? Nanti kita bahas ya ...

Bagaimana prospek untuk lulusan SMK ? SMK mempunyai prospek yang sangat cerah sebagai solusi bagi mereka yang kurang mampu untuk melanjutkan ke PT ( Perguruan Tinggi ). Banyak juga yang mendalami ilmunya ke perguruan tinggi bahkan sampai keluar negeri. Mengenai prospek lulusan SMK akan kami bahas di artikel selanjutnya.
 
By the way apa sih SMK itu? Menurut WIKIPEDIA SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTS atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs.


Sekarang jurusan atau bidang - bidang keahlian SMK sangat banyak sekali. Ada Teknologi Informasi, Usaha Jasa Pariwisata, Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, Kimia Industri, Farmasi, dan lain-lain.

Masih banyak artikel yang mengupas soal SMK ... ikuti terus ya 


(Narasumber disarikan dari informasikita)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar